0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kongres AJI ke-10 Digelar di Solo, Ini Agendanya

Logo AJI (doktimlo.net/gg)

Solo — Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) akan menggelar kongres di The Sunan Hotel, pada 24 hingga 25 November mendatang. Kongres AJI merupakan mekanisme pergantian kepengurusan dan menjadi forum tertinggi dalam pengambilan keputusan organisasi yang dilaksanakan sekali dalam tiga tahun.

“Kota Solo memiliki sejarah tentang kelahiran pers. Dengan adanya Monumen Pers. Itu salah satunya kenapa kongres AJI kali ini dilaksanakan di Kota Solo,” ungkap Ketua AJI Suwarjono, di Solo, Selasa (14/11).

Kongres AJI ke-10 ini akan menjadi forum untuk menetapkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Kode Etik, Kode Perilaku, Peraturan Organisasi, dan Pokok-Pokok Program Kerja selama tiga tahun ke depan. Kongres juga akan memilih dan menetapkan pasangan Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI periode berikutnya.

Selain itu acara tersebut akan berjalan beriringan dengan agenda Festival Media, yang diselenggarakan di Graha Soloraya pada 23 hingga 24 November mendatang. Acara tersebut akan dibuka langsung oleh Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Mengambil tema Jurnalisme Damai Jurnalisme Keberagaman, acara itu akan diisi oleh stand-stand yang berasal dari perwakilan AJI dari seluruh Indonesia. Selain menggelar pameran, ada juga workshop yang akan diikuti oleh mahasiswa dan jurnalis.

“Isu yang kami singgung dalam festival itu di antaranya kekerasan terhadap jurnalis, menangkal berita hoax, hingga mengharamkan pemuatan berita yang mengeksploitasi kasus bernuansa SARA. Secara etik media massa memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keharmonisan masyarakat. Media massa tak seharusnya mengikuti langgam media sosial yang nyaris tanpa aturan,” ujarnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge