0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Hasil Tes Perangkat Desa, APDESI Peringatkan Kades

Tes calon perangkat desa (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Boyolali mengingatkan para kepala desa (Kades) untuk tidak asal berkomentar terkait tes rekrutmen perangat desa. Karena dikhawatirkan justru akan menimbulkan suasana menjadi tidak kondusif.

“Terutama komentar di Medsos, soal tes rekrutmen bukan ranah Kades,” kata Sekretaris APDESI Boyolali, Qomarudin, Selasa (14/11).

Dijelaskan, soal tes rekrutmen perangkat desa, Kades sudah memberikan kewenangan kepada panitia melalui SK. Sehingga terkait tes rekrutmen perangkat desa menjadi ranah pihak panitia. Selain itu, APDESI juga sudah menginstruksikan kepada kalangan Kades agar peserta yang tidak puas bisa mengajukan komplain atau klarifikasi kepada UPT Dikdas dan LS setempat terkait lembar jawaban.

“Kades harus menjaga iklim kondusif di desanya, jangan malah ikut-ikutan komplain,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto mengakui hal wajar bila ada peserta tes pperangkat desa yang tidak puas dengan hasil penilain. Hanya saja, rasa ketidakpuasan tersebut jangan disampaikan secara keliru.

“Peserta bisa mengirim surat langsung ke bupati untuk mengecek kembali hasil tes,itu cara lebih tepat,” ujar Purwanto.

Pasalnya, lembar pekerjaan atau tes sudah menjadi lembaran negara yang dijaga kerahasiannya. Hanya saja, jika ada surat, maka Bupati bisa meminta panitia tes setempat membuka hasil tes tersebut.

“Kemungkinan bisa untuk dicek ulang, namun kalau tes ulang, tidak mungkin,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, hampir di semua kecamatan di Boyolali, peserta tes perangkat desa tidak puas dengan hasil tes. Di wilayah Teras misalnya, peserta mendatangi kantor kecamatan untuk bertemu dengan panitia dan meminta dokumen tes dibuka kembali. Bahkan, beberapa diantaranya mendapat nilai 0.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge