0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prabowo Nyekar ke Makam Panembahan Senopati

Prabowo Subianto (biru) (merdeka.com)

Timlo.net – Ketua umum Gerindra, Prabowo Subianto mengunjungi sejumlah tempat dalam lawatannya ke Yogyakarta, Senin (13/11) kemarin. Salah satunya, melakukan ziarah ke Makam Raja Mataram di Kotagede.

Saat mengunjungi Makam Raja Mataram di Kotagede ini Prabowo mengenakan pakaian adat jawa dengan jenis pakaian peranakan. Pakaian ini memang wajib dilakukan bagi para peziarah. Prabowo tampak seperti abdi dalem di kerajaan-kerajaan jawa.

Menurut Ketua Abdi Dalem di Makam Raja di Kotagede, Slamet Parjono (54) menuturkan, Prabowo sempat berziarah ke Makam Kanjeng Panembahan Senopati. Selain itu, Prabowo juga sempat ke makam-makam lain yang ada di kompleks makam raja Mataram di Kotagede.

“Intinya dia (Prabowo) kirim doa, kepada para leluhur Mataram. Dengan tujuan supaya Allah SWT memberikan syafaatnya kepada bangsa kita, negeri kita, supaya diberikan ketentraman,” terang Slamet.

Prabowo sempat menitipkan pesan ke abdi dalem. Pesan itu intinya agar kompleks makam selalu dirawat.

“Intinya beliau meminta supaya nguri-nguri kebudayaan, dijaga, dirawat, dilestarikan, supaya tetap langgeng peninggalan sejarah yang ada di Mataram,” jelas Slamet.

Prabowo juga mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara. Dalam kunjungannya Prabowo mengenakan baju koko berwarna putih dan peci berwarna hitam.

Sebelum memasuki kompleks TMP Kusumanegara, Prabowo sempat memberikan sikap hormat ala militer kepada para jenazah pahlawan yang disemayamkan di sana. Hal tersebut kembali dia ulang sebelum mendoakan dan menaburkan bunga ke pusara makam Jendral Soedirman, Oerip Soemoharjo dan Menteri Soepeno.

Usai mendoakan arwah para pahlawan, Prabowo meminta generasi muda dan rakyat Indonesia selalu mengingat jasa para pahlawan juga menghormati nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh para pahlawan.

“Kita hendaknya selalu ingat bahwa kita bangsa pejuang dan bangsa yang punya banyak pahlawan. Kita mengenang dan menghormati nilai-nilai yang mereka junjung tinggi,” ujar Prabowo.

Saat ditanya oleh wartawan, Prabowo enggan menanggapi jika kunjungannya di DIY merupakan bagian dari safari politik dalam rangka Pilpres 2019. Prabowo justru menanyakan kenapa setiap kegiatannya selalu dikaitkan dengan Pilpres 2019.

“Kita kan orang Indonesia. Utamanya orang Jawa. Nyekar itu bagian dari budaya kita,” jelas Prabowo.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge