0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Sumber Air di Klaten Mati, Ini Penyebabnya

Sumber mata air Sendang Bulus Jimbung di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Sebanyak 20 sumber mata air di wilayah Klaten mati. Hal itu berdasarkan hasil pendataan sementara oleh Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) Klaten.

“Dari 125 sumber air yang sementara ini kita data, ada sekitar 20 lebih sumber mata air yang dalam kondisi rusak dan mati,” ujar Kepala Bidang SDA DPU PR Klaten, Pramana Agus Wijanarka, Selasa (14/11).

Menurut dia, sumber air menjadi kritis karena debit air berkurang drastis dari keadaan normal. Meskipun masih menampung air, lebih diprioritaskan untuk mencukupi kebutuhan pertanian.

Di sisi lain, lanjut dia, pendataan sementara di 125 sumber air dari total 175 air yang hendak didata itu dilakukan saat musim kemarau. Sehingga muka air tanah menurun dan tidak terdeteksi ke permukaan.

“Karena pendataan dilakukan saat musim kemarau, jadi kemungkinan besar sumber debit air di lapisan atas kering, lalu mati. Ada juga yang mati lantaran menjadi tempat menimbun sampah,” ungkap Pramana saat ditanya penyebab sumber air mati.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge