0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

STTS Semarang Longsor, Seorang Mahasiswa Tewas, 2 Luka

Longsor di STTS Semarang (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Longsor terjadi di Sekolah Tinggi Theologi Sangkakala (STTS) yang terletak di Jalan Raya Salatiga-Kopeng KM 7 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Dalam kejadian ini seorang mahasiswa meninggal dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengatakan longsor terjadi pada Senin (13/11) malam sekira pukul 20.15 WIB. “Sejak siang di wilayah sudah hujan deras, mulai sekitar pukul 14.00 WIB,” jelasnya.

Menurut Heru, lokasi STTS memang berada di daerah tebing-tebing karena berada di lereng Gunung Merbabu.

Malam harinya, sekira pukul 20.15 WIB, di Gedung STT Sangkakala terdengar suara gemuruh di belakang mess putri. Tidak lama kemudian bangunan pondasi belakang mess putri roboh, dan merusak mess yang ada di bawah. Material yang roboh di antaranya batu dan besi. Menurut Heru, tebing yang longsor setinggi tujuh meter dengan panjang sekitar 30 meter.

Akibatnya, mahasiswi asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Ressi (22) meninggal dunia. Sementara dua korban luka adalah Marcelina (19) asal Waingapu Sumba Timur dan Immanuel (21) asal Kabupaten Timor Tengah. “Para korban sempat dirawat di RS Ario Wirawan Salatiga,” kata Heru.

Dikatakan, setelah ada kejadian tersebut, BPBD langsung melakukan koordinasi dengan seluruh pihak berwenang. “Untuk evakuasi penyelamatan barang langsung kita lakukan tadi malam, agar kerugian akibat kejadian ini tidak bertambah,” jelasnya.

Sementara untuk pembersihan puing dan reruntuhan belum akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Alasannya, tanah masih basah dan labil sehingga memungkinkan terjadinya longsor susulan. Heru mengungkapkan pembersihan masih menunggu saat yang aman. “Kita tunggu agar aman terlebih dulu, jangan sampai operasi pembersihan malah menimbulkan korban,” ungkap Heru. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge