0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pagoda Solo Dicorat-Coret, Walikota: Kita Tindak Tegas

Pagoda di Mojosongo, Jebres, Solo dicorat-coret (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menuding oknum tak bertanggung jawab sebagai pelaku aksi vandalisme terhadap Pagoda yang terletak di kawasan Kampus 2 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta di Mojosongo, Jebres, Solo. Pagoda tersebut ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) pada 2014 silam.

“Yang corat-coret di sana (Pagoda) itu orang yang tidak bertanggung jawab. Ya kita sadarkan saja wong itu BCB harus kita jaga dengan baik,” kata Walikota FX Hadi Rudyatmo, Selasa (14/11).

Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, menyayangkan tindakan vandalisme yang merusak Pagoda tersebut. Padahal Pemkot telah memberikan ruang yang luas bagi penyaluran hasrat mencorat-coret dan melukis.

“Seperti di kawasan Jl Gatot Subroto itu, kita kan sudah fasilitasi dan salurkan untum yang hobi seperti itu. Tapi ya tetap harus sesuai aturan, tidak bisa seenaknya,” kata Rudy.

Lebih lanjut pihaknya akan menindak tegas siapa saja yang berupaya merusak cagar budaya. Dirinya juga akan menggalang komunikasi dengan ISI Solo terkait pemanfaatan bangunan dan perawatannya.

“Kalau perlu nanti kita fasilitasi lagi, lokasi-lokasi untuk menggambar dan mecorat-coret. Tapi ya jangan di BCB. Kalau ketahuan kita tindak tegas,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge