0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Langkah Pemerintah Dorong BUMDes

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Anwar Sanusi (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi siapkan strategi untuk  mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dengan BUMDes tidak hanya bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, tapi juga diharapkan mampu menekan laju urbanisasi.

“Kalau BUMDes ini digarap dengan serius efeknya akan luar biasa. Karena bisa meningkat perekonomian dan mampu melakukan penyerapan tenaga kerja bukan hanya paruh waktu tapi bisa full time,” ujar  Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Anwar Sanusi kepada wartawan, Senin (13/11).

Untuk mendorong efektifitas BUMDes tersebut, ia mengaku telah menyiapkan sejumlah strategi, baik melalui monitoring usaha,  pendampingan manajemen, organisasi hingga pemasaran. Termasuk menggandeng perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk membantu akses permodalan.

“Yang terpenting dalam BUMDes adalah tidak boleh mematikan usaha masyarakat setempat. Tapi dengan keberadaannya harus mampu merangkul dan mengakomodasi potensi dan usaha masyarakat,” jelasnya.

Dari data yang tercatat, ia menyebut hingga saat ini sudah lebih dari 50 BUMDes di Indonesia telah berhasil memiliki omset diatas Rp 500 juta per tahun. Dengan banyak potensi disetiap daerah, ia menargetkan pada 2018 setiap desa mampu memiliki dan mengakses BUMDes.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge