0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Penghujan, Posko BPBD Siaga 24 Jam

(Ilustrasi) Banjir genangi jalan Solo-Wonogiri, di wilayah Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo membuka posko pengaduan bencana alam yang siaga 24 jam selama musim penghujan ini. Bagi warga masyarakat yang ingin melaporkan kejadian bencana alam di daerahnya, bisa menghubungi line telpon di (0271) 590551 dan 593113.

“Kita sudah mulai membuka layanan aduan 24 jam nonstop selama musim penghujan ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya bencana alam. Jadi dengan layanan telpon ini, masyarakat tidak perlu lagi harus datang ke kantor untuk melaporkan kondisi daerahnya selama musim penghujan kali ini,” kata Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto, Senin (13/11).

Dengan dibukanya layanan aduan 24 jam nonstop ini diharapkan bisa mempercepat proses penanganan bencana alam yang terjadi. Sehingga dengan kemudahan dalam melaporkan setiap kejadian bencana dapat meminimalisir korban dan dampak bencana yang ditimbulkan.

Selain membuka layananan aduan, BPBD juga telah menjalin hubungan dan kordinasi dengan para relawan yang ada di Sukoharjo. Sehingga, jika fungsi kordinasi masing-masing relawan dan stakeholder di masing-masing wilayah, proses pertolongan dan evakuasi jika diperlukan bisa dilakukan lebih ecpat dan efisien.

“Pada prinsipnya kami siap atau tidak siap ya harus siap, makanya kita siapkan sedini mungkin upaya antisipasi dan kordinasi dengan para relawan yang ada. Kita ahrapkan tidak terjadi bencana, namun kalau ternyata terjadi, kita sudah siap dan kita upayakan yang terbaik untuk meminimalisir korban,” tandasnya.

Dengan persiapan yang dinuilai jauh lebih matang dari tahun-tahun sebelumnya, BPBD yakin bisa mengurani korban bencana hingga 50 persen dari tahun sebelumnya. Diketahui, ada 3 titik banjir baru yang akan terjadi selama musim hujan kali ini, selain itu potensi bencana angin puting beliung serta pohon roboh akan tetap ‎terjadi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge