0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Klaten Percepat Target Desa Bebas BAB Sembarangan

Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional di halaman RSJD Soedjarwadi Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten Cahyono Widodo menargetkan sebanyak 391 desa di seluruh wilayah Klaten  menjadi kawasan bebas buang air besar (BAB) pada tahun depan. Hal itu dia sampaikan usai mengikuti upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 di halaman Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr RM Soedjarwadi, Danguran, Klaten Selatan.

“Kami ingin melakukan percepatan target bebas BAB ke semua desa di Klaten pada tahun depan dari yang semula ditargetkan 2019,” ujar Cahyono Widodo, Senin (13/11).

Dikatakan, saat ini sudah ada 101 desa di Klaten yang mendeklarasikan sebagai kawasan bebas BAB sembarangan. Cahyono optimis target percepatan bebas BAB di 290 desa lainnya di Klaten bisa terlaksana.

Menurut dia, kebiasaan masyarakat BAB sembarangan dapat menjadi sumber penyakit dan mencemari lingkungan sekitar. Mengingat hal itu, pihaknya akan memberikan bantuan 2.500 unit jamban dalam program jambanisasi di semua desa pada tahun depan.

“BAB pada tempatnya menjadi salah satu indikator menuju masyarakat dan lingkungan yang sehat. Karena itu, program jambanisasi akan menyasar rumah tangga yang belum memiliki fasilitas jamban. Sehingga warga tidak lagi BAB di sungai atau tempat lain dan membiasakan hidup sehat dan bersih,” kata Cahyono.

Upacara peringatan HKN ke 53 tahun 2017 di halaman RSJD Dr RM Soedjarwadi itu dipimpin Sekda Klaten Jaka Sawaldi. Selain itu, juga berlangsung penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba HKN.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge