0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Era Digital, Humas Jajaran Polri Didorong Lebih Kreatif

Akademisi asal Universitas Diponegoro (UNDIP), Dr Lintang Ratri Rahmiaji, SSos MSi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Selama ini Divisi Humas di institusi Polda Jawa Tengah masih berkutat pada konten konvensional seperti rilis dan media gathering. Padahal banyak sekali konten yang masih bisa dimanfaatkan untuk dikembangkan guna kemajuan institusi pemerintah tersebut.

“Berkembangnya era digitalisasi dikalangan anak muda menciptakan celah baru untuk dapat dikembangkan demi kemajuan institusi Kepolisian,” terang akademisi asal Universitas Diponegoro (UNDIP), Dr Lintang Ratri Rahmiaji, SSos MSi dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan, di Solo, Senin (13/11) siang.

Menurutnya, konten digital yang saat ini masih jarang dikelola oleh jajaran Kepolisian diantaranya, konten ilustrasi, story telling, media sosial dan masih banyak lainnya. Padahal, banyak generasi masa kini yang jenuh dengan pola-pola konvensional. Mereka lebih menyukai konten bersifat kreatif ketimbang bentuk tertulis kebanyakan saat ini. Sehingga dibutuhkan terobosan ide untuk lebih mendongkrak kesan positif di kalangan Korps Tribrata tersebut.

“Peran Humas Jajaran Polri ini sangat strategis. Bisa dibilang posisi itu sebagai ujung tombak untuk memberi kesan positif. Akan tetapi, dibutuhkan terobosan ide agar masyarakat khususnya generasi saat ini memberi simpati kepada Polri,” terang Dosen UNDIP tersebut.

Maka dari itu, lanjut Lintang, sosok Humas di Jajaran Polda Jawa Tengah mesti memiliki kemampuan unggul dalam merangkul rekan media maupun mengembangkan institusi Kepolisian. Mereka harus tajam dalam melihat celah perkembangan era digital yang diingini generasi saat ini.

“Dengan makin cermatnya dalam mengamati perkembangan saat ini, hal itu dapat dimanfaatkan untuk membuat kesan positif sekaligus mendongkrak kepercayaan dan keterbukaan institusi Polri dimata masyarakat,” ungkap Lintang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge