0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Kali Gagal, Pasar Darurat Klewer Akan Dilelang Lagi

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota Solo akan segera melelang kembali penghapusan Pasar Darurat Klewer di Alun-alun Utara. Kios semi permanen itu sampai saat ini belum juga diminati pemborong.

“Kemarin kan sudah kita lelang sampai dua kali. Tidak ada yang menawar,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagio, Minggu (12/11).

Ia menduga ratusan kios itu tidak dilirik pemborong lantaran harganya dirasa terlalu tinggi. Di sisi lain, Pemerintah Kota Solo tidak bisa menetapkan harga begitu saja.

“Kan harus melalui proses apraisal oleh orang yang berkualifikasi. Tidak bisa begitusaja,” kata dia.

Mei lalu, lelang penghapusan aset tersebut sudah dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada harga penawaran terendah Rp 7,29 Miliar dengan uang jaminan Rp 1,5 Miliar. Pada lelang ketiga nanti, Subagio berharap harga penawaran bisa ditekan sehingga pemborong mau menawar.

“Nanti yang memungkinkan tidak dihitung tidak usah dihitung agar harganya bisa turun. Tapi Itu (penentuan harga) wewenangnya Dinas Pekerjaan Umum,” kata dia.

Subagio sendiri berharap penghapusan aset bisa berjalan lancar agar lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain. Kendati demikian, Pemkot sebenarnya sudah menyewa lahan Alun-alun Utara untuk satu tahun ke depan.

“Lahannya kan sudah kita sewa. Jadi tidak masalah mau dibongkar atau tidak,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge