0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gajah Ngamuk dan Serang Warga, Satu Orang Meninggal

Ilustrasi Gajah (merdeka.com)

Timlo.net — Tukiyah (50), seorang Ibu Rumah Tangga meninggal dunia usai ‎terinjak gajah setinggi 2 meter di dekat rumahnya, Jalan Padat Karya, Dusun Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (11/11) sekitar pukul 11.00 Wib.

‎Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni mengatakan, ‎gajah tersebut tiba-tiba mengamuk di perkebunan karet hingga pemukiman warga dan mendekati rumah korban.

“Menurut keterangan warga bernama Amir, pagi itu sekitar pukul 09.00 Wib, korban memberitahukan Amir bahwa ada seekor gajah liar melintas di kebun karet korban dekat rumahnya,” ujar Abas kepada merdeka.com Minggu (12/11).

Setelah Amir memberitahukan kepada korban agar berhati-hati supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sekitar pukul 10.00 Wib, Amir dikejar seekor gajah di kebun karet milik Sucipto. Amir pun berlari sekencang-kencangnya untuk menyelamatkan diri menuju kebun Tukiyah.

“Sambil berlari, Amir melihat Tukiyah sedang menderes karet. Karena gajah itu tidak dapat mengejar Amir, lalu gajah berbalik arah mengejar korban,” ucap Abas.

Naas pun terjadi, korban tidak bisa berlari kencang karena kakinya sedang sakit. Setelah itu gajah mendekati dan menginjak korban. Akibatnya, korban meninggal dunia di lokasi kejadian.

Anggota Bhabinkhamtibmas Brigadir Wawan Saputra yang mendapatkan informasi tersebut dari tokoh pemuda setempat langsung menuju lokasi. Brigadir Wawan juga menghubungi pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Riau agar mengiring kembali gajah tersebut ke wilayah pusat pelatihan gajah.

“Saat ini korban dimakamkan keluarganya, Amir dan warga lainnya diperiksa petugas untuk pendataan laporan kepolisian,” ucap Abas.

Gajah tersebut merupakan satwa yang dilindungi negara, dan termasuk kelompok gajah kawasan Hutan Giam Siak Kecil. Seharusnya, gajah itu dalam pengawasan BBKSDA Riau, namun entah mengapa gajah sampai mengamuk dan menyerang warga.

‎Menurut masyarakat setempat, habitat dan tempat cari makan gajah tersebut tidak ada lagi. Tak ayal, gajah tersebut mencari makan di perkebunan masyarakat. Karena tidak ada hutan lagi, gajah tersebut sering melewati kebun dan pemukiman, warga kerap mengusir sehingga gajah mengamuk dan mengakibatkan Tukiyah, seorang IRT meninggal dunia karena diinjak.

[ded]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge