0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Boyolali 100 Persen Terbebas BAB Sembarangan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, hadir dalam pencananggan Boyolali Bebas Buang Air Besar Sembarangan di Gedung Putih, Kantor Bupati Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Kabupaten Boyolali mencanangkan  open defecation free (ODF) atau program stop buang air besar sembarangan (BAB), sebagai langkah maju dalam bidang kesehatan. Pasalnya, pada tahun 2016, baru satu Kabupaten, yaitu Grobogan, yang ditetapkan bebas buang air besar sembarangan.

“Tahun 2017 ini cukup bagus perkembanganya, sudah ada tiga kabupaten yang 100 persen stop buang air besar sembarangan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo, Minggu (12/11).

Tiga kabupaten tersebut adalah Boyolali, Karanganyar dan Wonogiri. Yulianto menilai langkah yang dilakukan tiga kabupaten tersebut sangat luar biasa. Total ada empat kabupaten di Jateng yang sudah 100 persen bebas BAB.

“Kabupaten lain harus segera menyusul,” imbuhnya.

Sementara itu, pencanangan Deklarasi ODF yang dikemas dalam bentuk jalan sehat,  sekaligus dalam rangka Hari Kesehatan Nasional. Khusus untuk Boyolali sebagai langkah untuk memacu semangat hidup sehat. Pemkab terus akan mendorong pola hidup sehat ditengah masyarakat.

“Boyolali 100 persen bebas buang air besar sembarangan, sangat luar biasa,” ujar Wakil Bupati Boyolali, Said Hidayat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge