0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pocil Polsek Baturetno Borong Juara, Begini Kiatnya

Tim Pocil Polsek Baturetno saat menerima hadiah dan tropi dari Kapolres dan Bupati Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Setelah menyisihkan 24 tim lainnya, Pocil binaan Polsek Baturetno berhasil menyabet juara dan memboyong piala bergilir Kapolres dan piala tetap Bupati Wonogiri. Bagaimana kiat-kiat keberhasilan anak-anak ini?

Dua bulan lebih, bocah- bocah kelas 3 – 6 SD itu sering dijemur di bawah terik matahari. Mereka digembleng berbagai materi, sesuai dalam teknical meting yang sudah disampaikan jajaran Polres Wonogiri. Nilai yang di lombakan keserasian, kekompakan gerakan, kostum, koreografer, serta ekspresi.

“Ada lima tips dan kiat sukses, tapi pada intinya, ini merupakan keberhasilan tim. Dimana, segala sesuatunya ada sinergitas baik, pelatih, guru, wali murid dan juga anggota kita yang selalu mendampinginya,” ungkap Kapolsek Baturetno AKP Subroto saat berbincang dengan Timlo. net, Minggu (12/11).

Dipaparkan Kapolsek, lima kiat sukses itu antara lain, tim work, kwalitas, managemen, pengawasan, dan doa. Kiat ini diterapkan dan ditekankan dalam setiap diri tim.

”Kiat pertama yakni tim work. Dalam pembentukan pocil adalah tim work, artinya tidak hanya satu orang yang bekerja semua steak holder berperan baik itu dari mind set siswanya. Harus benar- benar dipupuk rasa disiplin tinggi dan tak kalah pentingnya adalah kecerdasan masing person,” jelasnya.

Kemudian, kata dia, penunjukan pelatih atau mentor yang memiliki kwalitas tinggi. dimana si pelatih sendiri memang sudah menguasai materi dan mampu memberikan semangat kepada siswa. Selanjutnya adalah manegemen. Hal ini sebagai kunci adanya koordinasi antara pelatih, siswa, orang tua dan juga pihak sekolah dalam berkontribusi dari sisi dispensasi maupun finansial.

Selanjutnya, pengawasan dan doa. Tanpa fungsi pengawasan, mustahil rasanya jika Pocil Polsek Baturetno lolos dalam ajang ini. Fungsi lainnya, adalah sebagai top leader, senantiasa melakukam pengawasan secara rutin pada saat melakukan latihan baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Dan paling utama adalah doa, manusia hanya bisa berusaha yg menentukan adalah Allah, maka kami memohon bimbingan dan petunjuknya sehingga Alhmdulillah kami menjadi maksimal dalam menampilkan Pocil,” tandasnya.

Lomba Pocil dan PKS ini sendiri, digelar selama dua hari, Sabtu- Minggu (11-12/11) di Alun- Alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Lomba Pocil diikuti 1.300 peserta dari 25 Polsek dan lomba PKS diikuti 1.400 peserta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge