0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

To The Point, Walikota Langsung Bacakan Ikrar Tanpa Sambutan

Begini Ikrar Warga Solo di Hari Kesehatan Nasional

Walikota Solo bersama warga makan buah bersama di puncak acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di gelaran Car Free Day, Minggu (12/11). (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Perayaan Hari Kesehatan Nasional di Solo ditandai dengan pembacaan Deklarasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di gelaran Car Free Day (CFD), Minggu (12/11). Sedianya, Walikota memberikan sambutan sebelum membaca deklarasi diikuti masyarakat. Namun orang nomor satu di Solo itu tak mau basa-basi.

“Saya ndak usah sambutan. Buat apa. Yang penting masyarakat komitmen menjalani hidup sehat,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo di panggung HKN di depan Loji Gandrung.

Tanpa basa-basi, pria yang akrab disapa Rudy itu langsung mengajak masyarakat menyerukan yel-yel.

“Kalau saya bilang resik kotane, jawabannya, sehat wargane. Kalau saya bilang resik lingkungane, jawabannya sehat wargane. Kalau saya bilang resik omahe, jawabannya sehat keluargane,” ajaknya.

Warga peserta acara pun antusias menyambut yel-yel yang diajarkan Walikota itu. Setelah beberapa kali meneriakkan yel-yel, warga dipimpin Walikota membacakan deklarasi bersama-sama. Berikut isi deklarasi berikut.

Berolah raga secara teratur

Rutin makan buah dan sayur

Memeriksakan kesehatan secara berkala

Memberikan ASI eksklusif selama enam bulan

Tidak merokok

Rudy menambahkan agar warga tidak hanya bisa mengucapkan deklarasi tersebut tapi juga harus melaksanakannya. Ia pun menginstruksikan Dinas Kesehatan Kota Surakarta agar lembaran deklarasi dibagikan kepada warga.

“Kalau cuma dibacakan sekali begini nanti lupa. Ini dibagikan ke kelurahan biar semua rumah dapat (duplikatnya). Dipasang di rumah masing-masing,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge