0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selain Hujan Angin, Faktor Ini yang Mengakibatkan Pohon Tumbang

Petugas BPBD Kota Solo menyingkirkan pohon tunbang akibat cuaca hujan disertai angin kencang pada Sabtu (11/11) kemarin. (ist/BPBD)

Solo — Sejumlah pohon yang tumbang akibat hujan deras yang mengguyur Kota Solo Sabtu (11/11) kemarin mendapat sorotan dari kalangan legislatif. Menurut wakil rakyat, selain faktor usia dari pohon juga pemilihan pohon dengan akar yang kurang kuat dinilai sebagai salah satu penyebab robohnya pepohonan.

“Sepertinya perlu peremajaan pohon dan pemilihan pohon yang tepat dengan bentuk akar yang tunjang, bukan serabut,” terang Ketua Komisi II DPRD Kota Solo, YF Sukasno kepada Timlo.net, Minggu (12/11) pagi.

Politisi Partai PDI-Perjuangan ini mengaku, jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus maka akan sangat mengkhawatirkan. Bahkan, dapat mengakibatkan korban khususnya para pengguna jalan yang melintas. Maka dari itu, lanjutnya pihaknya menyarankan kepada Pemkot untuk melakukan pemantauan terhadap pohon yang dinilai membayakan dan perlu dilakukan peremajaan atau penggantian.

“Dalam memilih pohon juga harus selektif, jangan asal tanam. Utamakan yang memiliki akar tunjang supaya lebih kuat menahan angin,” tegas Sukasno.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Eko Prajudi Noor Ali mengaku, sejumlah titik yang mengalami pohon tumbang diantaranya Jalan Slamet Riyadi tepatnya depan Pizza Hut, Jalan Bhayangkara, Jalan Adi Sucipto hingga Jalan Ki Mangun Sarkoro.

Pihaknya mengerahkan puluhan personel dibantu dari relawan untuk menyingkirkan pohon tumbang agar tak mengganggu lalu lintas di kawasan tersebut.

“Jika dilihan dari pohon yang tumbang, kebanyakan memang sudah berusia tua dan berakar serabut. Tapi tentu saja, faktor cuaca lantaran angin kencang juga menjadi penentu utama,” jelasnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terkait perubahan cuaca yang sering terjadi. Jangan memarkir kendaraan dibawah pohon maupun berteduh dibawahnya.

“Kalau hujan disertai angin, lebih waspada. Jika berlindung (dadi hujan) jangan dibawah pohon tua. Rawan roboh atau tertimpa dahan,” himbaunya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge