0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Abad Milenial, Kemampuan dan Wawasan Belum Cukup

Ketua STIA ASMI Solo Sulistya menyalami wisuda terbaik (foto: Tyo Eka)

Solo – Di abad milenial yang serba digital, kemampuan dan wawasan yang luas saja belum cukup untuk menjadikan seseorang sukses. Karena masih diperlukan ketajaman mengindentifikasi perubahan dan peluang.

“Oleh karena itu pengetahuan harus selalu diupdate, ditingkatkan, dikembangkan sehingga bila digabung dengan kreativitas dan keterampilan akan memiliki daya saing,” tandas Ketua Yayasan Krida Dharma Pancasila DR Margono di depan 80 wisudawan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) ASMI Solo dan Akparta Widya Nusantara Surakarta, Sabtu (11/11).

Lebih lanjut Margono menyatakan, sekarang ini banyak dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris dan komputer yang baik. Sehingga peningkatan kualitas lulusan dengan tambahan kemampuan bahasa Inggris, komputer dan jiwa wirausaha merupakan pilihan tepat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Pada kesempatan itu, Ketua STIA ASMI Solo Drs. Sulistya, MM mengemukakan, masyarakat membutuhkan potensi insan yang profesional, yaitu potensi insan yang kreatif, inovatif, pandai berkomunikasi dan mampu mengambil keputusan beresiko dengan cepat.

“Lulusan STIA ASMI Solo harus tidak mudah menyerah dan selalu mencoba hingga berhasil, mampu bekerja keras dengan disiplin tinggi,” tandasnya.

Menurut ahli psikologi, kata Sulistya, keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan oleh IQ-nya saja, tetapi juga oleh EQ-nya, yaitu Intelegensia Emosinya. Pribadi dengan Intelegensia Emosi yang tinggi adalah pribadi yang mampu mengendalikan dirinya, mampu memotivasi dan menggairahkan diri dalam bekerja, pantang menyerah, selalu optimis, proaktif, mempunyai humor tinggi, pandai bergaul, berdisiplin tinggi, dapat menekan egonya dan mempunyai komitmen dan tanggung jawab tinggi.

“Mereka adalah pribadi yang mampu melakukan penyempurnaan berkelanjutan,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge