0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setya Novanto kembali Jadi Tersangka, JK: Biasa Saja kan?

Wakil Presiden Jusuf Kalla (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi santai penetapan tersangka Ketua DPR yang juga Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto oleh KPK untuk kali kedua. Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, hal itu sudah menjadi tugas KPK.

“Biasa saja kan, ini kan tugas KPK kan, untuk memberantas korupsi,” kata pria yang akrab disapa JK ini di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (11/10).

JK menyerahkan penanganan perkara Setya Novanto ke tangan KPK. Menurutnya, KPK akan menangani kasus jika memiliki bukti.

“Kalau memang ada kemudian buktinya tentu KPK yang menanganinya,” katanya.

JK enggan menilai dampak dan juga langkah seperti apa yang harus diambil Golkar ke depan. “Saya bukan pengurus Golkar lagi,” kata dia.

Sebelumnya, KPK menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka lantaran dianggap bersekongkol dengan Anang Sudiharjo, Andi Agustinus, Irman dan Sugiharto dalam proyek e-KTP. KPK mengaku, kali ini memiliki bukti yang kuat untuk menetapkan tersangka. Hal itu setelah KPK kembali mengeluarkan SPDP pada 31 Oktober.

Setya Novanto sebelumnya pernah ditetapkan sebagai tersangka. Namun putusan hakim Cepi Iskandar menggugurkan statusnya tersebut.

KPK disebut tidak melakukan proses hukum sesuai ketentuan perundangan. Sehingga menyatakan penetapan tersangka nomor 310/23/07/2017 tertanggal 18 Juli 2017, dilakukan secara tidak sah. Hakim Cepi juga memutuskan penghentian penyidikan terhadap Novanto. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge