0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hore, Ratusan Pasangan Nikah Siri dapat Buku Nikah

Bupati Wonogiri Joko Sutopo memberikan dokumen pernikahan secara simbolis kepada pasangan nikah siri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ratusan pasangan tak resmi atau nikah siri dari belasan kecamatan di Wonogiri kini dapat berbahagia. Pasalnya, mereka saat ini sudah disahkan oleh pemerintah, dan memiliki buku nikah.

“Ada 494 pasangan dari 11 kecamatan yang hari ini kita sahkan dalam sidang Istbat tahun ini. Dari jumlah itu, ada 25 pasangan yang memang di sini tadi sengaja dinikahkan dan langsung mendapatkan buku nikah,” ungkap Kepala Disdukcapil Wonogiri, Sungkono melalui Sekdin, Suwandi, Jumat (10/11).

Secara simbolis, acara tersebut dilaunching oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, dan sejumlah jajaran Pengadilan Agama dan Kantor Kemenag Wonogiri. Bupati secara simbolis menyerahkan dokumen pernikahan kepada lima pasangan pengantin. Meski usia mereka sudah tak muda lagi, bahkan ada pasangan yang hadir, dipapah oleh salah satu anggota keluarganya datang di Pendopo Rumdin Bupati. Hal itu menunjukkan animo masyarakat cukup tinggi. Disampaikan, kegiatan itu dibiayai dari APBD tahun 2017.

“Kegiatan ini merupakan salah satu solusi alternatif untuk memecahkan masalah tersebut. Sehingga Pemkab melaksanakan sidang Istbat Nikah bagi masyarakat secara riil. Dimana sudah nikah tetapi belum dicatatkan ke Kantor Urusan Agama dan belum punya buku nikah,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge