0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mantan Manajer Persis Dijebloskan ke Tahanan

Mantan Manager Persis, Waseso usai jalani sidang di pengadilan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Solo menahan mantan Manager Persis Solo, Waseso terkait kasus pemalsuan tanda tangan milik Roestina Cahya Dewi yang mengakibatkan kerugian korban mencapai Rp 21,6 miliar. Penahanan dilakukan, setelah turunnya putusan Mahkamah Agus (MA) yang memutuskan Waseso bersalah dalam kasus tersebut.

“Yang bersangkutan telah menghuni Rutan Kelas I Kota Solo. Penahanan kami lakukan kemarin, Rabu (8/11),” terang Kasi Pidum Kejari Kota Solo, Bambang Saputra, Kamis (9/11) siang.

Sebelumnya, Waseso sempat mangkir dalam dua kali pemanggilan yang dilayangkan oleh jajaran Adhiyaksa tersebut. Hingga akhirnya, Waseso menyerahkan diri ke Kantor Kejaksaan pada Rabu (8/11) kemarin.

Perkara ini dimulai saat hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Solo yang diketuai Torowa Daeli  memutuskan terdakwa Waseso bersalah dan terbukti memalsukan tanda tangan Roestina Cahyo Dewi sebanyak 18 kali untuk pengambilan uang sebesar Rp 21,6 miliar di Bank UOB selama Agustus 2012 hingga September 2013. Hakim memutuskan, terdakwa melanggar pasal 263 ayat 1 KUHP jo 64 ayat 1 KUHP sehingga diganjar oleh hakim dengan pidana selama tiga tahun dikurangi masa penahanan. Waseso yang menolak putusan hakim, kemudian mengajukan banding.

Atas banding yang diajukan Waseso, majelis hakim Pengadilan Tinggi Jawa Tengah membebaskan Waseso dari jeratan hukum. Pertimbangan majelis hakim PT Jawa Tengah, bahwa perbuatan yang dilakukan Waseso, bukanlah perkara pidana melainkan perdata.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang tidak merasa puas dengan hasil PT Jawa Tengah itu mengajukan kasasi ke tingkat MA. Berdasar putusan kasasi MA yang diketuai Artidjo Alkostar, Waseso dinyatakan bersalah dan divonis tiga tahun penjara. Vonis akhir ini praktis membuat vonis yang dijatuhkan oleh PT Jawa Tengah tidak berlaku kembali. Hingga akhirnya ditindaklanjuti oleh Kejari Solo dengan melakukan penahanan terhadap Waseso.

Terpisah, Kasi Pelayanan Tahanan Rutan, Solichin mengaku pihaknya telah menerima yang bersangkutan di Rutan Solo. “Benar Mas, yang bersangkutan (Waseso —Red) sudah di sini,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge