0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Kungfu Panda dan Shaolin Tertibkan PKL dan Reklame Liar

Tim Kungfu Panda dan Shaolin beraksi di sejumlah titik di Wonogiri  (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Karena tugas dan kewenangan yang berbeda, dua tim di bawah naungan Satpol PP Wonogiri ini dibranding dengan nama unik. Tim pertama diberi nama Kungfu Panda. Tim kedua dinamai Shaolin. Hal ini dilakukan untuk lebih mempermudah dalam koordinasi terkait Tupoksi mereka di lapangan.

“Tim Kungfu Panda ini bertugas menertibkan PKL sedang Shaolin bertugas membabat reklame liar,” beber Kasatpol PP Wonogiri, Waluyo kepada wartawan, Rabu (8/11).

Mantan Kasubag Humas Setda Wonogiri itu menyatakan, branding tersebut belum lama diberikan kepada dua tim binaannya. Dimana Tim Kungfu Panda biasa menertibkan PKL dan pelanggaran ketertiban umum lainnya. Sedangkan Tim Shaolin bertugas menertibkan reklame, baliho, spanduk dan sejenisnya.

“Ya dapat dibilang ini bahasa sandi kita, Mas,” katanya.

Bahkan, kedua tim itu sendiri sudah beraksi sejak Selasa (7/11) kemarin. Tim ini langsung menertibkan reklame yang melanggar ketentuan. Reklame liar sepanjang jalan protokol, mulai dari Bangjo Klampisan hingga Tugu Kalpataru Donoharjo pun menjadi targetnya, sejumlah reklame liar yang terikat pada tiang pancang milik Telkom dan banner yang dipaku pada pohon turus jalan pun dibabat habis.

Sementara itu, Tim Kungfu Panda menyisir Jl Pemuda, Jl Diponegoro, Jl Ahmad Yani dan Jl Nambangan Selogiri. Menurut Kasatpol PP, tim ini menertibkan PKL yang melanggar jam buka, dimana telah diatur jam buka mulai 16.00 WIB hingga jam 06.00 WIB. Tak hanya itu saja, di Jl Nambangan Selogiri, tim menemukan sejumlah PKL yang berjualan memakan bahu jalan, tim pun meminta PKL agar menggeser dagangannya.

“Yang jelas, tugas yang kita emban ini sesuai harapan Pak Bupati, dimana jalan-jalan protokol itu harus bersih dan bisa lebih cantik  karena merupakan wajah kota,” tuturnya.

Ditambahkan, penertiban PKL atau pun reklame liar mengacu pada Perda No 7 tahun 2006 tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima dan Perda No 9 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge