0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanggul Tambang Batubara Jebol, Operator Eskavator Tewas Tertimbun

Lokasi kejadian pekerja tertimbun (merdeka.com)

Timlo.net — Kecelakaan kerja terjadi di area tambang batubara site PT BMSA, di Muara Jawa, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pagi tadi. Satu operator ekskavator, dilaporkan tewas tertimbun tanah galian. Kasus ini dalam penyelidikan Polres Kutai Kartanegara.

Peristiwa maut itu terjadi sekira pukul 09.00 Wita pagi. Di lokasi sedang beroperasi dua truk HD dan satu ekskavator. Alat berat saat itu tengah melakukan pengisian tanah ke dalam truk HD.

Tiba-tiba, tanggul yang ada di sekitar jebol, sehingga menimbun ekskavator beserta sopirnya. Sedangkan dua sopir truk HD, berhasil menyelamatkan diri dari insiden itu. Ekskavator dilaporkan tertimbun hingga ketinggian timbunan 15 meter.

“Operator ekskavator meninggal dunia karena tertimbun, dan peristiwanya sekitar jam 9 pagi tadi ya di lokasi tambang di Muara Jawa,” ujar Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Ade Yaya Suryana, Rabu (8/11).

Dijelaskan Ade, korban memang sedang melakukan pengisian tanah ke dalam truk.

“Operator ekskavator, terjebak di dalam bilik kemudi,” terangnya.

Dikabarkan, masih ada satu lagi pekerja yang ikut tertimbun. Namun Kepolisian menepis kabar itu.

“Sementara, tidak ada lagi yang dicari dari longsoran itu. Karena ya itu tadi, dua sopir truk berhasil selamatkan diri,” jelas Ade.

Kasus itu sendiri, kini dalam penyelidikan Polres Kutai Kartanegara. Termasuk, penanganan korban tewas, hingga pemeriksaan saksi-saksi, di lokasi kejadian.

“Sedang diselidiki, seperti apa pola dan sistem keamanan kerja di lokasi. Terutama, safety para pekerja saat bekerja. Juga diselidiki tentang penanganan potensi yang bisa mengakibatkan kecelakaan kerja. Dugaan sementara memang, ini adalah kecelakaan kerja ya,” kata Ade.

[lia]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge