0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minim, Regenerasi Dosen Kemampuan Khusus

Pertunjukkan wayang kulit yang dimainkan Ki Dalang Purbo Asmoro di depan Menristekdikti (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Pertunjukan wayang kulit ternyata bisa menjadi sarana untuk mengungkapkan uneg-uneg. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Ki Dalang Purbi Asmoro di depan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir saat berkunjung di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Rabu (8/11).

“Perekrutan dosen sekarang sekarang seluruh seleksinya ditentukan Pusat. Aturannya begitu. Namun untuk Jurusan Pedalangan, aturan semacam itu sangat menyulitkan karena yang diperoleh biasanya tak sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Ki Dalang Purbo Asmoro dalam bahasa Jawa sambil memainkan wayang kulit yang dipegangnya.

Ketentuan demikian, lanjut Ki Dalang,  membuat regenerasi dosen di beberapa jurusan pertunjukan seperti pedalangan dan karawitan sulit terpenuhi. Kalaupun terpenuhi, biasanya kualifikasi yang diperoleh dari seleksi di Pusat tidak sesuai dengan kebutuhan di ISI Surakarta. Persoalan ini dihadapi hampir semua perguruan tinggi seni di seluruh wilayah.

“Pernah ada yang sudah lolos 12 sistem seleksi di Pusat. Ketika sampai di sini ternyata blas ora iso ngopo-ngopo, karena yang dibutuhkan dosen yang mampu praktik, bukan sekadar teori,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Menristekdikti langsung menanggapi. Menurutnya, saat ini ada aturan terkait rekrutmen dosen dan pegawai di PTN yang berstatus PNS ditentukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB).

“Adanya banyak kesulitan di perguruan tinggi seni yang membutuhkan dosen dengan kualifikasi dan seleksi yang khusus, kami akan berkoordinasi dengan Kemen PAN dan RB supaya bisa dibuat aturan khusus. Sehingga mereka yang memiliki talenta dan kemampuan khusus bisa direkrut, bisa jadi dosen seni dan budaya melalui seleksi yang berbeda,” jelas Nasir.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge