0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wujudkan Keberlanjutan Pembangunan Nasional Perlu Tiga Pilar

Dialog Kebangsaan Menggagas Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan, di Auditorium UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Untuk mewujudkan keberlanjutan pembangunan nasional, perlu tiga pilar penting penyangga program pembangunan berkelanjutan, yaitu: Pertama, Pengembangan instrumen kebijakan nasional yang benar-benar berorientasi pada kesejahteraan rakyat bangsa dan generasi Indonesia di masa depan.

“Kedua, Perlunya Internalisasi karakter bangsa dalam setiap program dan kegiatan pembangunan. Pembangunan berkelanjutan pada dasarnya adalah membangun karakter bangsa agar semakin berdaulat dan berwibawa menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara sampai kapanpun,” ungkap Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS dalam Pembukaan Dialog Kebangsaan Menggagas Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan, di Auditorium UNS, Kentingan Solo,  Rabu (8/11).

Tampak hadir dalam dialog tersebut, diantaranya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua Dewan Komisioner OJK Dr Wimboh Santoso, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketiga, lanjut Ravik,  perlunya penciptaan sistem integrasi nasional berbasis inovasi sosial untuk mewujudkan sistem sosial yang kokoh dalam kebhinekaan. Integrasi nasional substansinya adalah kebersamaan seluruh bangsa saling menghormati dan menghargai perbedaan. Secara akademik integrasi nasional harus dibangun dalam sistem sosial yang terjalin kokoh walau diterpa perubahan.

 “Ketiga pilar tersebut semoga bisa menjadi catatan dalam perumusan rekomendasi terhadap strategi pembangunan nasional yang berkelanjutan,” ungkapnya.

 Sementara itu, Dialog Kebangsaan Menggagas Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan merupakan salah satu rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Kegiatan Dialog Kebangsaan bertajuk “Menggagas Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan” yang diorganisir oleh IKA UNS dan Pustapako UNS.

 Ketua Pustapako, Agung Nur Probohudono mengatakan, Pembangunan Nasional Berkelanjutan ialah momentum bagi bangsa Indonesia untuk menciptakan iklim kehidupan berbangsa yang berorientasikan pada masa depan yang berintegritas baik dari aspek pembangunan infrastruktur, perhubungan, perekonomian serta birokrasi dan sosial politik.

 “Mengangkat isu-isu pembangunan nasional dari perspektif pembangunan infrastrukur, perhubungan, keuangan dan perbankan, serta peran alumni perguruan tinggi dalam pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge