0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Efek Samping Cuka Apel

Cuka apel. (Dok: Timlo.net/ Cukaapel.org.)

Timlo.net—Para ahli menyatakan jika cuka sari apel memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari menyembuhkan perut mulai, menyembuhkan jerawat dan cegukan hingga mengurangi berat badan. Itupun baru sebagian dari manfaat kesehatan cuka itu. Walaupun cuka apel sangat bermanfaat, tapi tonik alami ini juga memiliki efek samping, tulis Reader Digest.

Penelitian menunjukkan jika cuka sari apel bisa mengikis lapisan email gigi. Kebanyakan penelitian menyelidiki efek minuman asam seperti soft drink atau jus buah. Tapi para peneliti percaya jika zat asam yang ada dalam cuka apel juga bisa merusak lapisan email gigi.

Misalnya penelitian yang dilakukan pada 2012, lapisan email geraham bungsu ditempatkan di dalam beberapa sampel cuka apel. Level pH cuka beragam mulai dari 2,7 hingga 3,9. Setelah empat jam, cuka menghapus 20 persen mineral gigi. Memang penelitian itu tidak menyertakan air liur yang bisa menetralkan zat asam pada makanan atau minuman. Tapi hal ini menunjukkan adanya efek negatif dari cuka tersebut.

Apakah ini berarti kita harus berhenti mengkonsumsi cuka apel? Tentu saja tidak! Kita bisa mencegah efek negatif itu dengan melarutkan cuka pada air. Minumlah melalui sedotan. Jaimi Jansen, pelatih pribadi dan presiden Santa Cruz CORE Fitness+ Rehab di California, Amerika Serikat menyarankan mencampurkan cuka apel ke dalam air dengan rasio 1: 10. Setelah itu, berkumurlah dengan air mineral supaya tidak ada zat asam tertinggal di mulut.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge