0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemasangan PJU Terancam Gagal Lelang, Ini Sebabnya

Sarana penerangan jalan umum terpasang di flyover Palur, Jaten, Karanganyar (dok.timlo.net/ist)

Karanganyar — Pengadaan dan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang dibiayai APBD 2017 di empat lokasi di Karanganyar terancam gagal dilelangkan. Persoalan pada administrasi pengadaan diduga memicu persoalan itu. Padahal, persoalan serupa juga terjadi di proyek itu selama tiga tahun berturut-turut.

“Batas pencairan anggaran untuk proyek bersumber APBD pada 15 Desember. Nah, dalam laporan kegiatan yang dilelangkan melalui LPSE hingga akhir September, proyek pemasangan PJU oleh Dinas Perhubungan¬† dan PKP masih diproses. Padahal waktu efektif pengerjaan sangat mepet,” kata Kepala Bagian Pembangunan Setda Pemkab Karanganyar, Sugeng Raharto kepada Timlo.net, Senin (6/11).

Empat lokasi yang akan dipasang LPJU itu ruas Jalan Lawu dengan nilai pagu Rp 1,23 miliar; wilayah utara bernilai Rp 1,83 miliar; wilayah selatan Rp 2,3 miliar serta wilayah barat Rp 1,7 miliar. Dalam laporan itu, tiga lokasi awal akan selesai pengerjaannya pada 10 November 2017 sejak dimulai 2 November 2017. Sedangkan pemasangan PJU wilayah barat, direncanakan selesai 31 Oktober sejak dimulai 23 Oktober 2017.

“Sudah tiga tahun ini gagal lelang. Dulunya, proyek itu masuk dinas kebersihan namun sekarang di Dinas Perhubungan. Dari semula direncana memakai energi surya diganti ke listrik,” katanya.

Ia kurang memahami detil penyebab sulitnya melelangkan kegiatan itu. Dipastikan, hal itu berkaitan sistem lelang secara elektronik atau minimnya peminat proyek itu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge