0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gara-gara Posting Tokoh NU di Facebook, Abu Sofyan Terancam Pidana Lima Tahun

 Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Polres Sragen menetapkan pemilik akun Facebook, Abu Sofyan sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian di media sosial. Dia dijerat dengan Undang-undang ITE dengan ancaman hukuman hingga lima tahun penjara.

“Sudah kita klarifikasi dan sudah kita amankan screenshots terkait dengan ujaran kebencian sebagaimana yang diunggah di Facebook, dan saat ini yang bersangkutan sudah kita amankan. Kita proses penyidikan lebih lanjut,” kata Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman, Selasa (7/11)

Abu Sofyan yang bernama asli Sofyan Wahyudi (37), warga Kecamatan Gemolong sebelumnya dilaporkan Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Banser dan Pagar Nusa terkait postingan di media sosial pada Senin (6/11) lalu. Tindakannya yakni menyebarkan ujaran kebencian pada ulama NU.

Dalam akun Facebook milik Abu Sofyan terdapat screenshots foto KH Said Aqil Siraj dan Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor, Gus Tutut yang berisi ujaran kebencian. Selain itu ada postingan lain yang meresahkan dan link hoax yang sengaja disebarkan Abu Sofyan.

Kapolres menyatakan, yang bersangkutan berusaha menghindar dan melapor ke kepolisian seolah-olah akun Facebook miliknya dibajak orang, dengan tujun untuk menutupi perbuatannya.

”Tersangka mencoba membuat alibi seolah-olah lapor bahwa akun Facebooknya dibajak, namun dengan proses pembuktian bisa kita telusuri dan klarifikasi, alibinya terpatahkan dengan alat bukti kita,” terangnya.

Arif Budiman menyampaikan, tersangka bakal dikenakan Pasal 136 Undang-undang ITE dengan ancaman maksimal lima tahun penjara.

Sekretaris GP Ansor Sragen, Krisna menyampaikan, Abu Sofyan sendiri telah mendatangi PCNU Sragen untuk menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf.

”Dari kami sudah tidak ada masalah, namun jika berkaitan dengan hukum, kami serahkan pada pihak yang berwajib,” ujar Krisna.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge