0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Midodareni, Presiden Memberikan Pesan kepada Bobby dalam Bahasa Jawa

Rombongan pengantin pria memasuki kediaman Jokowi (timlo.net/rozaq ilham)

Solo — Pada prosesi midodareni, Presiden Joko Widodo berikan wejangan kepada menantunya Bobby Nasution. Nasihat atau dalam istilah jawanya disebut Catur Wedha tersebut diberikan Jokowi agar mempelai bisa mendapat kemuliaan dalam berumah tangga.

“Bobby, sliramu bakal dadi garwane putriku, tandang tandukmu kudu tansah dewasa, aja kaya nalika isih jaka,” ujar Jokowi kepada Bobby.

Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, nasihat itu berbunyi Bobby dirimu akan menjadi suami dari putriku. Maka perilakumu harus bisa dewasa. Jangan seperti saat masih perjaka.

Selanjutnya, Jokowi dalam bahasa Jawa juga menyampaikan lahir batin kudu tansah sungkema marang maratuwamu kayadene wongtuwamu dhewe. Artinya lahir dan batin harus bisa menghormati mertuamu. Karena kami juga sudah mengangapmu seperti anak sendiri.

Urip bebrayan agung mono, wajibe kudu netepi angger-angger paugering praja. Artinya dalam hidup bernegara harus mematuhi hukum yang berlaku dan menghormati sesama.

Dan terakhir estokake dhawuhe Pangeran Gusti Allah SWT dalah Gusti Kang Akarya Jagad, lan adohana wewalere, warahing piandel utama agama sing kok anut lan tindakna saben dina supaya ayem tentrem lair batin. Atau memiliki arti bertakwalah kepada Tuhan sesuai agama yang kau anut agar dapat menemukan kemuliaan dan ketentraman.

Acara midodareni yang berlangsung di kediaman Jokowi tersebut terpantau lancar. Ribuan relawan juga terlihat rela berdesak-desakan guna melihat prosesi kegiatan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge