0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Upacara Siraman, Presiden Jokowi Pasang Bleketepe

Presiden Jokowi memasang bleketepe di rumahnya (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Kahiyang Ayu dan Muammad Bobby Nasution akan menjalani prosesi Siraman pagi ini, Selasa (7/11). Prosesi siraman bagi Kahiyang Ayu rencananya akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB di kediaman Presiden Jokowi di Jl Kutai Utara, Kelurahan Sumber. Sedangkan bagi Bobby akan dilakukan di Hotel Alila Solo.

Dari pantauan Timlo.net, warga berbaur dengan awak media menunggu dengan khidmat upacara yang akan berlangsung. Masyarakat yang hadir hanya diperkenankan menonton dari ruas Jl Letjen Suprapto.

Prosesi siraman diawali dengan melakukan pemasangan Bleketepe. Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana melakukan langsung pemasangan Bleketepe ini. Pemasangan dilakukan di tembok depan rumah. Bleketepe merupakan anyaman daun kelapa.

Dengan mengenakan beskap berwarna oranye, usai melakukan pemasangan, Presiden Jokowi kemudian menyingkapkan selubung yang menutupi tuwuhan dan tangkai pisang yang berjumlah dua buah. Pisang dan tuwuhan ini dipasang menjadi gapura. Setelah itu Presiden melengkapi tuwuhan dengan Cengkir Gading, padi, tangkai beringin dan tebu.

“Pemasangan bleketepe atau tarub ini merupakan adat orang Jawa yang diajarkan oleh Ki Ageng Tarub. Dulu Ketepe atau anyaman daun kelapa ini diblek-ke atau ditumpuk-tumpuk, sebagai peneduh, karena akan kehadiran banyak tamu. Sehingga rumah yang sempit bisa menampung lebih banyak tamu,” papar Ketua Dewan Kesenian Solo (DKS), BRM Bambang Irawan.

Prosesi pemasangan Bleketepe dan pelengkapan tuwuhan ini menjadi prosesi awal sebelum upacara adat siraman.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge