0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyelundupan Rokok Impor Tanpa Cukai Digagalkan

Penyelundupan rokok ilegal di Dumai (merdeka.com)

Timlo.net — Polres Dumai menggagalkan penyelundupan 119.100 bungkus rokok merek Luffman tanpa dilengkapi dengan kode resmi dari Bea Cukai. Polisi menduga rokok dengan harga murah itu berasal dari luar negeri dan akan dipasarkan ke Riau. Dua sopir inisial Sn dan Pn‎ ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan mengatakan, pengungkapan itu berawal dari kecurigaan petugas terhadap truk colt diesel dan mobil pikap di Jalan Sungai Parit Beko I Kota Dumai, Minggu (5/11) malam.

“Lalu petugas membuntuti mobil itu dan mencegatnya, alhasil setelah diperiksa ditemukan 119.100 bungkus rokok Luffman, tanpa disertai dokumen yang sah. Sopirnya pun kita tangkap,” ujar Restika, Senin (6/11).

Selanjutnya, polisi membawa dua orang sopir yang membawa truk dan pikap tersebut ke Polres Dumai untuk mendalami kasus penyelundupan rokok ilegal tersebut.

“Kedua tersangka kita tahan, karena membawa truk colt diesel bermuatan 85 kardus rokok dan mobil pikap bermuatan 34 kardus dengan total 119.100 bungkus rokok merek Luffman,” kata Restika.

Kedua tersangka merupakan warga Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. ‎Mereka menjemput rokok ilegal itu yang dibawa dengan speedboat melalui perairan dan berlabuh di Muara Sungai Parit Beko I Kelurahan Penerbit Kecamatan Sei Sembilan.

“Speadboat bermuatan rokok ilegal itu menunggu truk dan pikap datang. Setelah siap, muatan kotak rokok langsung dipindahkan ke dalam kedua mobil itu. Petugas mendapat informasi tentang itu, kemudian mengejar dan berhasil menangkapnya di jalan,” tandasnya.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge