0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingin Bangun RS, NU Sragen Butuh Dana Rp 80 Miliar

Halaqoh Refleksi Hari Santri Nasional  (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sragen terus menggalang dana untuk mewujudkan impiannya membangun sebuah rumah sakit (RS) NU. Dana tersebut sementara ini untuk pelunasan aset tanah yang akan dibangun RS NU di Kecamatan Sumberlawang.

”Kita membutuhkan sembilan ribu meter tanah lebih dengan harga per meter Rp 225 ribu di Sumberlawang, desanya Kacangan, kita menyediakan tanah, Gedung dari PBNU,” kata Ketua Tanfidziyah PCNU Sragen, Makruf Islamuddin.

Dalam acara Halaqoh Refleksi Hari Santri Nasional, akhir pekan lalu, Makruf menyampaikan, kebutuhan total untuk membangun RS sekitar Rp 80 miliar. Proses diperkirakan akan memakan waktu dua tahun. Sementara saat ini baru sekitar Rp 200 juta yang terkumpul. Target pelunasan tanah diharapkan selesai sampai akhir tahun ini.

Dijelaskan, dipilihnya Sumberlawang lantaran jalur tersebut dinilai strategis, berada di antara jalur Grobogan-Solo. Selain itu konsentrasi warga NU di kawasan tersebut besar.

Pihaknya menegaska, untuk saat ini, program pembangunan rumah sakit NU merupakan rintisan nasional. Di Jawa Tengah ditunjuk lima wilayah yakni Sragen, Klaten, Temanggung, Purworejo dan Magelang.

”Ini kerjasama PCNU dan PBNU, mungkin arahnya setiap kabupaten ada rumah sakit, tapi ini program PBNU. Insya Allah niatnya pelayanan, kalau sakit alangkah lebih baik Warga NU ke rumah sakit sendiri,” papar Makruf.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge