0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nonton Film Horor Bantu Tubuh Bakar Kalori

Jigsaw. (dok: timlo.net/ horrorvillains.com )

Timlo.net—Jika Anda suka film horor, ada sebuah kabar baik untuk Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan the University of Westminster pada 2012 mengungkap jika menonton film horor bisa membakar kalori. Jumlah kalori yang dibakar bisa mencapai 113 kalori. Pada dasarnya jumlah setara itu dengan jumlah yang kita bakar saat berjalan kaki selama 30 menit. Bedanya, Anda tidak berada di luar menikmati angin sepoi-sepoi atau berolahraga. Anda berada di dalam ruangan, merasa ketakutan melihat sosok hantu yang ada dalam film.

Penelitian itu didanai oleh perusahaan penyewaan DVD film, Lovefilm. Dalam penelitian yang diterbitkan di The Telegraph itu, para peneliti mengukur detak jantung, oksigen dan karbon dioksida saat seseorang menonton film horor. Peneliti menyimpulkan semakin menakutkan sebuah film, semakin banyak kalori yang dibakar penontonnya. Alasannya karena film horor memicu reaksi fisik dan meningkatkan detak jantung.

“Saat denyut nadi menjadi lebih cepat dan darah terpompa ke seluruh tuubh lebih cepat, tubuh mengalami kenaikan produksi adrenalin. Pelepasan adrenalin yang cepat itulah, yang dihasilkan selama tekanan psikis yang tiba-tiba dan kuat (atau dalam kasus ini, karena rasa takut), yang diketahui menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolisme basal dan pada akhirnya membakar kalori lebih tinggi,” ujar ahli fisiologi Dr. Richard Mackenzie.

Para peserta penelitian diminta menonton 10 film horor pilihan. Para peneliti ingin melihat film apa yang paling efektif membakar kalori. Film karya Stanley Kubrick yang dirilis pada 1980-an, “The Shining” berada di posisi pertama. Film itu bisa membakar 184 kalori.

Daftar 10 film horor pembakar kalori:

  1. The Shining- 184 kalori
  2. Jaws- 161 kalori
  3. The Exorcist- 158 kalori
  4. Alien- 152 kalori
  5. Saw- 133 kalori
  6. A Nightmare on Elm Street – 118 kalori
  7. Paranormal Activity- 111 kalori
  8. The Blair Witch Project- 105 kalori
  9. The Texas Chainsaw Massacre- 107 kalori
  10. [REC]- 101 kalori
Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge