0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Loro Blonyo Hantar Slamet Jadi Guru Besar

Slamet Subiyantoro bakal dikukuhkan sebagai Guru Besar UNS (dok.timlo.net/tyo eka)
Solo — Patung Loro Blonyo menghantar Slamet Subiyantoro sebagai guru besar bidang Antropologi Seni Rupa Universitas Sebelas Maret (UNS). Ia bakal dikukuhkan pada hari Kamis (9/11), sebagai guru besar ke 188 UNS dan Guru Besar ke 59 FKIP UNS.
“Seni Patung Loro blonyo dan joglo, memiliki makna yang mendalam dan merupakan manifestasi pandangan hidup orang Jawa tentang keharmonisan kosmos yaitu keserasian jagad cilik dan jagad gedhe,” ungkap Slamet dalam keterangan kepada pers terkait sekilas pidato pengukuhan guru besar,  di Solo, Senin (6/11).
Slamet akan menyampaikan pidato berjudul “Transformasi simbolik seni patung Loro Blonyo dalam kosmologi Jawa: Perspektif Antropologi”. Ia mengemukakan, ajaran Jawa telah lama memberi sumbangan besar dalam menciptakan tata hubungan yang harmoni antara manusia  dengan alam semesta dan sesembahannya. Ajaran tersebut telah mengkristal menjadikan landasan dalam sendi-sendi tradisi Jawa. Termasuk pada seni ‘Patung Loro Blonyo’ yang ditelitinya.
Melalui penelitian-penelitiannya, Slamet melakukan analisis seni patung Loro Blonyo dengan paradigma struktural dan tafsir simbolik sehingga menemukan bentuk-bentuk transformasi dari seni patung Loro Blonyo.
Dengan mencermati hasil analisis tersebut, Slamet merekomendasikan dua hal, yaitu pertama diperlukan pendidikan yang seimbang antara cerdas nalar dengan cerdas rasa (emosi). Cerdas rasa hanya bisa diolah melalui antara lain pendidikan seni budaya sebagaimana pendidikan seni rupa berbasis tradisi.
Kedua, pendidikan seni budaya dengan melalui seni rupa tradisi mendorong upaya revitalisasi budaya lokal, yang bisa mendorong memperkaya materi ajar guna menajamkan ranah afektif yang terkait dengan sikap religius dan sikap sosial. “Inilah pentingnya  menempatkan bidang seni rupa tradisi dalam pendidikan seni dan seni dalam pendidikan secara tepat,” jelasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge