0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Unik Polsek Jebres Jaga Kondusifitas Wilayah

Kapolsek Jebres, Kompol Juliana mengikuti patroli dengan menggunakan sepeda motor di kawasan wilayah hukum Polsek Jebres (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Terobosan unik dilakukan Jajaran Polsek Jebres untuk mengantisipasi kerawanan tindak kejahatan di wilayah hukum mereka. Bersama jajarannya, Kapolsek Jebres, Kompol Juliana melakukan patroli dengan mengendarai sepeda motor ke sejumlah kawasan yang dinilai rawan aksi kejahatan. Tak hanya itu, patrol yang rutin digelar tiap akhir pecan ini juga berfungsi untuk memantau aktifitas menyimpang saat para pemuda melakukan kegiatan nongkrong di jalanan.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sebulan terakhir. Kami mendatangi rumah warga di kawasan rawan kejahatan, lalu meminta masukan dari mereka. Responnya sangat bagus. Bahkan, kami juga mendapat masukan dari mereka terkait kejahatan yang kerap terjadi di wilayah tempat tinggal warga,” terang Kapolsek kepada Timlo.net, Minggu (5/11) siang.

Lokasi tempat sambang Jajaran Polsek Jebres selalu berpindah-pindah. Akan tetapi, pada Sabtu (4/11) malam tadi, mereka menyambangi kawasan Kelurahan Jagalan,  Kelurahan Gandekan, Kelurahan Jebres, Kelurahan Sewu dan Kelurahan Pucang Sawit. Tak jarang, rombongan tersebut menghentikan sejenak kendaraan dan mendatangi warga yang nongkrong di pinggir-pinggir jalan saat jam telah larut malam. Mereka mengingatkan, agar kegiatan nongkrong tidak diisi dengan hal negatif seperti minum-minuman keras hingga menggunakan obat-obatan terlarang.

“Jika kegiatan nongkrong dilakukan untuk hal negatif, tak segan kami akan melakukan tindakan tegas,” terang Kapolsek.

Selain melakukan patroli di wilayah hukum Polsek Jebres, rombongan Jajaran Polsek Jebres juga melakukan pemantauan wilayah di tiga pos singgah, diantaranya Pos Polisi Pasar Gede, Pos Polisi Ledoksari dan Pos Polisi Jebres. Di pos singgah itulah, mereka kembali menyerap keluhan masyarakat terkait situasi dan kondisi di wilayah tersebut.

“Masukan dari masyarakat nanti kita olah untuk dilakukan tindakan lebih lanjut,” terang satu-satunya Kapolsek wanita di Jajaran Polresta Solo tersebut.

Dengan terobosan yang dilakukan ini, Kapolsek berharap tingkat kejahatan di kawasan Kecamatan Jebres dapat ditekan. Di sisi lain, kerjasama dengan masyarakat untuk menjaga wilayah tempat mereka tinggal makin meningkat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge