0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Gandeng Pemuda Kawal Demokrasi

(foto: Putra)

Solo Baru – Panwaslu Sukoharjo menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu di Hotel Brothers, Solo Baru, Sabtu (4/11). Ini untuk mendorong keterlibatan masyarakat terutama remaja untuk ikut secara aktif melakukan pengawasan pelaksanaan pemilu.

“Ini adalah sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat khususnya pemuda dalam penyelenggaraan pemilu. Sehigga kita harapkan tidak hanya paswaslu saja yang bertugas mengawasi, namun juga dari masyarakat agar tercipta pemilu yang benar-benar bersih dan sehat,” kata Ketua Panwaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto, Sabtu (4/11).

Sosialisasi kali ini melibatkan para pengurus organisasi kemahasiswaan yang berada di wilayah Sukoharjo dan organisasi kepemudaan sebanyak 70 orang. Diharapkan nantinya, setelah mengetahui prosedur dan metode pengawasan, mereka dapat menjadi pengawas partisipatif dan berani melaporkan setiap ada pelanggaran pemilu.

Selama ini menurut pengakuan dari sejumlah peserta, mereka tidak pernah dilibatkan secara langsung dalam proses pemilu dari tingkat paling rendah hingga pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg). Dengan kegiatan ini, mereka cukup antusias dan menyambut baik, karena bisa ikut secara aktif mengawal proses demokrasi.

“Dari pengalaman saya selama beberapa kali dilaksanakan pemilu tidak pernah melibatkan pemuda, sehingga kami tidak bisa ikut secara aktif untuk mengawasi proses pemilu. Dengan adanya sosialisasi ini sangat baik untuk proses demokrasi ke depan,” tandas Presiden BEM STIES Surakarta, Rina.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge