0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengusaha UMKM Diminta Bentuk Kluster

Pameran UMKM di Solo Paragon Mall (foto: Setyo)

Solo – Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) didorong untuk dapat membentuk kluster. Pasalnya, dengan adanya kluster, dapat memudahkan pemerintah atau pemangku kepentingan untuk dapat melakukan pembinaan dan pemberian bantuan.

“Total pelaku UMKM di Solo ini ada sekitar 43 ribu. Jika pemerintah diminta untuk dapat melakukan pendampingan satu persatu tentu tentu tidak akan efektif. Mengingat jumlah SDM yang terbatas,” ujar Ketua Forum for Economic Development and Employment promotion (Fedep), Davir R Wijaya kepada wartawan, Sabtu (4/11).

Oleh karena itu, untuk dapat memudahkan pemerintah dalam menyalurkan bantuan, solusi yang pas adalah dengan menghadirkan kluster bagi pelaku UKM. Dengan adanya kluster, proses ekselerasi pembinaan bagi pelaku UMKM juga lebih cepat. Karena dari sana pelaku UKM yang masih kecil bisa berlatih kepada para pelaku yang sudah mapan.

“Baiknya lagi kluser itu bisa berbentuk badan hukum, sehingga Pemkot bisa dengan mudah untuk memberikan bantuan atau hibah,” jelasnya.

Selain itu, David juga menyampaikan proses pendampingan terhadap para pelaku UMKM yang dilakukan oleh Pemkot Solo diharapkan bisa berkelanjutan dan terintegrasi. Karena jika hanya dilakukan secara sporadis dan tidak jelas juntrungannya hanya akan mengahambur-hamburkan anggaran.

“Jadi misalnya dengan menggunakan metode bisnis matching antara eksportir dan perajin mebel. Dengan demikian akan jauh lebih efektif, karena keduanya memiliki korelasi bisnis,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge