0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunjungan Wisman Ke Solo Turun 3,97 persen

Kunjungan Wisman di Pura Mangkunegaran (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) yang datang melalui pintu masuk Bandara Adi Soemarmo turun 3,97 persen. Dari data pantauan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, penurunan wisman terbanyak berasal dari warga Negara Belanda.

“Pada periode September kemarin, tercatat jumlah kunjungan wisman ke Solo mencapai 653 orang. Angka tersebut turun jika dibanding dengan periode sebelumnya yang mencapai 680 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Sabtu (5/11).

Dari hasil pantauan yang dilakukan pada periode tersebut, menurutnya dari enam Negara yang selama ini menyumbang kunjungan wisman terbesar ke Solo rata-rata mengalami penurunan.  Seperti Jepang dari sebelumnya 7 orang menjadi 2 orang, Thailand dari sebelumnya 15 orang menjadi 9 orang, Taiwan dari sebelumnya 4 orang menjadi 1 orang dan Belanda dari sebelumnya 22 orang pada periode September itu bahkan tidak ada sama sekali.

“Dari enam nagara yang banyak melakukan kunjungan ke Solo, terpantau hanya dua Negara yang mengalami peningkatan.  Yaitu Malaysia dari sebelumnya 504 orang menjadi 517 orang dan Inggris dari sebelumnya 5 orang menjadi 6 orang pada September itu,” jelasnya.

Sementara itu untuk rata-rata lama menginap bagi wisman, Bagus menyampaikan pada periode tersebut juga mengalami kondisi yang tidak jauh berbeda. Yaitu turun sekitar 0,20 poin, atau dari sebelumnya 2,56 hari menjadi 2,36 hari.

“Rata-rata lama menginap tamu asing tertinggi terjadi pada hotel bintang empat, yaitu mencapai 2,66 hari. Dan terendah terjadi pada hotel bintang dua yaitu 1,00 hari,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge