0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dermatolog Ungkap Cara Termudah Sembuhkan Jerawat

Pencet jerawat. (Dok: Timlo.net/ Metro.co.uk)

Timlo.net—Jerawat muncul di wajah pada saat yang tidak tepat. Situasi ini tentunya pernah Anda alami. Lantas apa yang Anda lakukan? Biasanya Anda berpikir untuk memencetnya. Jangan lakukan itu, ada sebuah cara yang lebih baik.

Sebuah tutorial yang detil muncul di Reddit, menyatakan jika plester hydrocolloid (HC) bisa digunakan untuk merawat jerawat. Bila kita menempelkan plester ini di bagian wajah yang berjerawat, maka jerawat akan hilang lebih cepat.

Memencet jerawat terkesan seperti cara paling mudah untuk menyingkirkan masalah kulit itu. Tapi kebiasaan ini juga merusak kulit. “Memencet justru membuat jerawat kesal. Hal itu meningkatkan pembengkakan dan peradangan,” ujar dermatolog Kota New York, Doris Day, M.D., kepada Women’s Health.

Menempelkan plester HC membuat faktor-faktor pertumbuhan kulit tersedia di balik plester itu. Hal ini menolong kulit sembuh dan bersih dari jerawat. “Plester itu juga mencegah kita memencet jerawat,” ujar Doris.

Waktu terbaik untuk menempelkan plester itu adalah saat ada nanah pada jerawat. “Hal ini berarti Anda sudah memiliki respon dari daya tahan tubuh dan kulit Anda sedang menyembuhkan diri, jadi menempelkan plester itu bukanlah ide buruk,” ujar Doris.

Tapi jika jerawat masih baru, cara ini tidaklah efektif. Doris juga menyarankan ada memakai plester itu bila tergoda untuk memencet jerawat atau di malam hari. Tapi ada sebuah potensi negatif dari plester ini. “Bakteri penyebab jerawat cenderung bertumbuh di bawah kondisi oksigen. Saat Anda menggunakan plester hydrocolloid, hal itu membuat oksigenasi berkurang dan membuatnya bertambah buruk,” kata Doris. Tapi dia tetap menyarankan penggunaan plester itu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge