0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ziarah Makam Pendiri Kabupaten Karanganyar

Bupati Karanganyar Juliyatmono berdoa di makam tokoh pendiri Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Rombongan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) melaksanakan ziarah makam pendiri Kabupaten Karanganyar, Kamis (2/11). Kegiatan rutin tahunan ini diselenggarakan jelang HUT ke-100 Kabupaten Karanganyar.

“Ziarah ke makam para leluhur adalah meneruskan tradisi yang sudah berlangsung lama. Dengan kegiatan ini, diharapkan generasi penerus mengambil hikmah perjuangan leluhur pada masa lalu demi kejayaan Karanganyar. Mendoakan arwahnya agar diterima di sisi Allah dan diampuni semua dosa. Terpenting, bagi kita untuk meneruskan perjuangan menjadikan Bumi Intanpari lebih baik,” tutur Juliyatmono kepada wartawan.

Makam-makam itu berada di lokasi tersebar di Karanganyar. Rombongan mengawali ziarah itu di makam Nyi Ageng Karang di daerah Ngloji. Nyi Ageng Karang diyakini berjasa besar dalam perjuangan melawan penjajah Belanda pada masanya. Selanjutnya makam Ronggo Panambang di Randu Songo, Tasikmadu.

Dari wilayah itu, rombongan melanjutkan ke Astono Temu Ireng untuk berdoa di makam Bupati Pertama Karanganyar, Harja Asmaran atau biasa disebut Kyai Atas Angin. Makam tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Karanganyar pada 100 tahun lalu. Selanjutnya rombongan makam Raden Mas Said atau Mangkunegoro I.

Rombongan diantar juru kunci menggelar doa bersama di makam Presiden Soeharto, Ibu Tien serta kedua orang tuanya dan kerabat lainnya. Setelah itu baru ke Astana Girilayu tempat disemayamkan Mangkunegoro III dan IV serta lainnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge