0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditanya Kelaiakan Jalan Mahesa, Ini Kata Menperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengecek mesin kendaraan Mahesa di bengkel Kiat Motor. Dok ist (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto optimis Moda Angkutan Hemat Pedesaan atau Mahesa Nusantara bakal lolos uji kelaikan jalan. Hal itu semakin menguatkan sinyal kendaraan yang pembuatannya terinspirasi mobil rakitan ‘Grandong’ ini bakal diproduksi massal.

“Perijinan enggak ada masalah. Dijamin bisa diproduksi,” kata Menperin Airlangga Hartarto usai meninjau pengembangan prototipe Mahesa di bengkel Kiat Motor Klaten, Jumat (3/11).

Sebelum kendaraan pedesaan tersebut diproduksi, dia mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenai uji kelaikan Mahesa. Sebab prototipe Mahesa menjadi bukti anak bangsa bisa mendesain dan memahami teknik mesin otomotif.

Airlangga menilai, ketiga jenis prototipe Mahesa yang bermesin diesel 650 cc itu didesain multifungsi. Dari mulai mengangkut penumpang, mengangkut barang, serta dilengkapi power take off yang dapat disambungkan alsintan maupun generator listrik.

“Sekarang tinggal anak-anak bangsa ini menghitung secara komersial. Kemudian layak uji darat di perhubungan (Kemenhub). Bahkan sudah saya komunikasikan dengan Menhub Budi Karya secara pararel sebelum diproduksi sudah punya laik jalannya,” bebernya.

Untuk diketahui, dimensi ketiga kendaraan Mahesa berjenis double cabin (5 penumpang), pick up, dan peralatan pertanian (2 penumpang) ini terbilang mungil dengan panjang 3,2 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 1,8 meter. Adapun harganya masing-masing Rp 70 juta, Rp 60 juta, dan Rp 50 juta.

“Ini bukan mobil, tapi kendaraan Mahesa. Serbaguna, murah, bisa dipakai di segala medan. Membantu pak tani yang hendak panen. Ada yang double kabin, pick up, dan ada yang bisa diberi alat perontok padi hingga mesin pompa air,” jelas inisiator Mahesa sekaligus pemilik Kiat Motor, Sukiyat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge