0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Strategi Humas Pemerintah dalam Mengatasi Berita Hoax

Kualiah Strategi mengatasi hoax (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Perkembangan teknologi informasi saat ini tidak jarang menyangkut persoalan-persoalan sensitif yang dapat menyentil kelompok-kelompok tertentu. Sehingga dapat menimbulkan gejolak dan pergolakan oleh kelompok tertentu lainnya. Beberapa informasi yang disebarkan itu terkadang bukan merupakan sebuah fakta atau saat sekarang dikenal sebagai berita hoax atau berita bohong.

”Untuk mengatasi berita hoax ini, kami mengetengahkan kuliah Strategi Humas dalam mengatasi Berita Hoax yang menghadirkan pakar bidang Ilmu Komunikasi Kepala Pusat Literasi dan Profesi SDM Bidang Komunikasi Kementerian Kominfo, Prof Dr Gati Gayatri MA,” ungkap Humas FISIP UNS Maryani kepada Timlo.net, Jumat (3/11).

Menurut dia, kuliah ini digelar oleh Program studi (Prodi) Strata Dua (S2) Ilmu Komunikasi menggelar kuliah Strategi Humas dalam mengatasi Berita Hoax, di Ruang Seminar FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

Sementara itu, Prof. Gati dalam paparannya, mengatakan, dalam instansi pemerintah atau swasta, penyebaran berita hoax biasanya ditangani oleh bagian tertentu yaitu Bagian Kehumasan. Bagaimana seorang public relation harus mampu memperbaiki dan membangun kepercayaan melalui integritas dan keadilan sebagai kriteria bagi semua keputusan bisnis; mempertahankan penekanan pada kualitas produk dan/atau jasa.

Serta secara terbuka dapat membagikan informasi yang benar kepada seluruh publik dengan mencari secara aktif menginput dari publik dan bersifat responsif terhadap semua hal yang terjadi serta memperbaiki komitmen pada komunitas lokal dan menciptakan forum-forum untuk mendorong dialog dengan konstituennya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge