0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

35 Ribu KK Numpang BAB di Jamban Tetangga

Wabup Wonogiri Edy Santosa saat melepas acara jalan sehat dalam rangka peringatan HKN di GOR Girimandala Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Belum Punya Jamban,Puluhan Ribu KK Numpang Keluarga Lain

Wonogiri — Setidaknya 344.196 kepala keluarga (KK) di Wonogiri  sudah 100 persen buang air besar atau BAB di jamban maupun WC. Keberhasilan itu tak lepas dari program ‘Gertak Sambal’ (Gerakan Serentak Sanitasi Total) yang digeber Pemkab Wonogiri.

“Maka dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun ini akan kita canangkan Bebas BABS di Kabupaten Wonogiri,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri Mubarok, di sela lomba olahraga HKN 2017, di GOR Girimandala Wonogiri, Jumat (3/11).

Menurut rencana deklarasi atau pencanangan Wonogiri Bebas BABS bakal digelar Selasa (14/11), yang akan dihadiri pejabat Kementerian Kesehatan serta Dinkes Jateng. Selain itu, akan kukuhkan Duta Sanitasi Jawa Tengah yakni Kades Bulusulur Dwi Prasetyo.

“Sekalian nanti ada apresiasi dari Pemkab, sekadar hadiah,” katanya.

Ditambahkan, program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Wonogiri ini berhasil menempati urutan ke II di wilayah Jateng setelah Kabupaten Grobogan. Dari total 344.196 KK, kata Purwadi, ada 237.934 KK (atau 68,6 persen) memiliki jamban sehat, dan 70.295 KK (20,70 persen) masih menggunakan jamban cemplong. Sedangkan sisanya, 10 persen atau 35.957 KK belum punya jamban sendiri.

“Mereka yang belum punya jamban sendiri ini akhirnya numpang jamban keluarga lain,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge