0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disiapkan 4,5 Ton Apem, Menperin hingga Gubernur Direncanakan Ikut Yaqowiyu

Sehari sebelum puncak tradisi Yaqowiyu, masyarakat Jatinom menggelar kirab gunungan apem, Kamis (2/11) (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Sebanyak 4.500 kilogram kue apem akan disebar pada puncak perayaan tradisi Yaqowiyu, Jumat (3/11) besok. Tradisi yang dikenal dengan sebutan saparan itu akan digelar di Oro-Oro Tarwiyah kompleks makam Ki Ageng Gribig Jatinom.

“Total apem yang akan disebar mencapai 4,5 ton yang merupakan sumbangan dari masyarakat,” kata Camat Jatinom, Sip Anwar, Kamis (2/11).

Menurut dia, acara sebaran apem di Oro Oro Tarwiyah itu akan diawali arak-arakan gunungan apem dari Masjid Besar Ki Ageng Gribig yang terletak dalam satu kompleks makam menuju panggung Oro Oro Tarwiyah.

Tradisi untuk mengenang tokoh penyebar agama Islam, yakni Ki Ageng Gribig, ini digelar tiap tahun di bulan Sapar dalam penanggalan Jawa atau dikenal dengan Saparan. Bahkan tradisi tersebut diisi dengan berbagai pagelaran pentas seni dan budaya selama sepekan penuh, Kamis – Jumat (25/10- 3/11).

“Perayaan puncak tradisi Yaqowiyu ini selalu menyedot perhatian masyarakat, termasuk dari luar Klaten. Selain melestarikan tradisi nenek moyang, diharapkan juga mampu berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Sip Anwar.

Rencananya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Plt Bupati Klaten Sri Mulyani akan menghadiri puncak Yaqowiyu diselenggarakan oleh Pengelola Pelestari Peninggalan Kyai Ageng Gribig bersama masyarakat Jatinom ini.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge