0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilih Ketua OSIS, SMP Ini Gelar Pemilu

SMPIT Nur Hidayah Solo gelar Pemilihan Ketua OSIS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nur Hidayah (NH) Surakarta menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) Ketua OSIS. Diikuti sebanyak 636 siswa dan guru serta karyawan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada murid belajar berdemokrasi. Mereka diberi kesempatan memilih dan dipilih secara langsung,” ungkap Kepala SMPIT Nur Hidayah Solo, Ustadz Zuhdi Yusroni kepada Timlo.net, di Solo, Kamis (2/10).

Zuhdi mengatakan, sistem yang digunakan dalam pemilihan Ketua OSIS kali ini mengadopsi sistem yang biasa digunakan oleh KPU dalam pemilhan umum, dimana setiap pemilih diberikan selembar kertas suara yang diberi nomor sesuai dengan nomor urut yang dimiliki oleh masing-masing calon. Selanjutnya pemilih memberikan hak suara dengan cara mencontreng salah satu nomor sesuai dengan nomor urut calon Ketua OSIS yang dijagokan, dan setelah itu surat suara yang telah dicontreng dimasukan ke dalam kotak suara. Untuk menghindari adanya pemilih ganda, setiap usai memberikan hak suaranya para pemilih wajib mencelupkan jari ke dalam wadah yang berisi tinta.

“Ada 2 kandidat calon ketua OSIS kali ini, yakni Muhammad Ilham Kholid dan Anas Wicaksono,” ungkapnya.

Sebelum pemilihan berlangsung, menurut Zuhdi, kedua  kandidat Ketua OSIS ini saling memaparkan visi dan misii dalam Debat yang diselenggarakan Jumat (13/10) di hadapan ratusan siswa dan puluhan guru. Masing-masing kandidat yang berasal dari kelas delapan ini, tidak mau kalah beradu argumen. Namun, tetap dalam suasana damai dan tenang. Visi dan misi yang diusung, tidak lain untuk memajukan dan memberikan hal yang terbaik untuk sekolah.

“Lewat pemilihan ini, kita ingin membangun budaya dan kultur demokrasi. Mengajari anak untuk belajar memilih calon pemimpin sesuai dengan hati nurani, membangun perbedaan, menghagai setiap pendapat dan menerima hasil pemilihan. Apapun hasilnya, sehingga siswa yang tidak terpilih bisa menerima dengan lapanga dada,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge