0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disiapkan Pembebasan Lahan Perluasan Interchange Tol

Jalan tol Solo-Mantingan (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Satker pemerintah pusat tengah pemproses pembebasan lahan perluasan interchange tol Solo-Mantingan di wilayah Kabupaten Karanganyar. Lokasinya berada di Kecamatan Colomadu, Gondangrejo, dan Kebakkramat.

Interchange yang dibangun tiga lokasi itu tersebar di beberapa desa. Gondangrejo di Karangturi, Jeruksawit, dan Wonorejo. Colomadu di Ngasem dan Klodran. Sedangkan Kebakkramat di Kemiri. Paling banyak di Kebakkramat ini 200 bidang,” kata Kepala Kantor Pertanahan Nasional Karanganyar, Priyanto kepada wartawan, Rabu (1/11).

Ia mengatakan, hasil penaksiran nilai aset atau appraisal di lahan tambahan itu telah dilaporkan ke satuan kerja pemerintah pusat untuk proses pembayaran. Sejauh ini, ongkos pengerjaan fisik, yuridis memakai dana talangan dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di bawah Kementrian Keuangan.

Rencananya, ganti rugi pemakaian aset privat untuk perluasan interchange dibayarkan untuk empat desa dulu. Dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran, sisanya akan dibayar. Meski demikian, pembangunan fisik tak terpengaruh pentahapan pembayaran ganti rugi itu.

Ia meyakini nilai tawaran ganti rugi itu sangat layak. Namun pada prinsipnya, pemilik lahan dipersilakan mengajukan banding melalui proses konsinyasi di pengadilan.

”Ada satu pemilik lahan masuk ke konsinyasi,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge