0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Bendung Winong Lambat, DPRD Minta DPU Ambil Langkah Cepat

Pembangunan Bendung Winong, Desa Tunggul, Kecamatan Gondang, Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Lambatnya pembangunan saluran irigasi Bendung Winong di Desa Tunggul, Kecamatan Gondang, Sragen menjadi sorotan tajam dari pimpinan DPRD Sragen. Akibat lemotnya kontraktor dalam pengerjaan bendung tersebut kalangan dewan mendesak agar Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen segera mengambil langkah cepat untuk menyelesaikannya.

“Kami minta DPU segera turun tangan. Rekanan harus dipres­sure biar mempercepat pekerjaan. Karena ini menyangkut nasib ratusan petani di Gondang,” kata Wakil Ketua DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto, Rabu (1/11).

Bambang menegaskan, Bendung Winong tersebut mengairi ratusan hektar sawah yang ada di sejumlah desa Kecamatan Gondang. Kalau pembangunan bending tersebut tidak segera diselesaikan segera, dapat dipastikan ratusan petani juga bakal gagal panen.

“Karena ini sudah mulai musim tanam. Kalau sampai tanam molor, resiko gagal panen juga besar. Petani juga yang dirugikan, ” tegasnya.

Keterlambatan itu juga dikeluhkan ratusan petani di empat desa Kecamatan Gondang. Pasalnya, akibat keterlambatan itu sekitar 500 hektar sawah di Gondang tidak mendapat pasokan air. Empat desa itu masing-masing Tunggul, Glonggong, Gondang dan  Toyogo.

Kepala Desa Gondang, Eka Hidayanto menyampaikan, lambatnya proyek Bendung Winong membuat 203 hektare lahan di wilayahnya terpaksa belum bisa ditanami.  Bahkan, sebagian besar belum bisa dibajak lantaran tidak ada pasokan air.

“Kalau mau dipaksakan pakai mesin, cost-nya sangat tinggi,” jelas Eka.

Dia menambahkan, petani juga khawatir kalau proyek tidak dipercepat,  maka nasib musim tanam di Desa Gondang juga akan mundur, sehingga ini jelas merugikan petani.

Proyek itu sendiri di bawah Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen dengan biaya APBN 2017 senilai Rp 1,777 Miliar. Sebagai kontraktor adalah CV Margo Asri yang hingga kini sudah 2,5 bulan dikerjakan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge