0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penurunan Harga Barang Pokok Sumbang Deflasi

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Bahan makanan menjadi kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi sebesar 0,45 persen di Oktober 2017. Kelompok ini memberi andil terhadap deflasi keseluruhan sebesar 0,09 persen.

Deflasi terjadi karena turunnya harga bahan makanan tersebut. Misalnya, daging ayam ras dan bawang merah masing-masing sebesar 0,04 persen, juga ikan segar dan bawang putih masing-masing sebesar 0,02 persen. Selain itu, kentang, tomat sayur, daging sapi, semangka, cabai rawit, dan telur ayam ras turun masing-masing sebesar 0,01 persen.

“Jadi kalau dilihat, banyak komoditas mengalami penurunan harga yang menjadi penyumbang terhadap deflasi,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto di Jakarta, Rabu (1/11).

Meski demikian, ada beberapa komoditas yang masih mengalami kenaikan harga sehingga memberikan andil terhadap inflasi. Yakni cabai merah sebesar 0,05 persen dan beras sebesar 0,04 persen.

“Dua komoditas ini perlu mendapat perhatian khusus. Meskipun beras kenaikannya sangat tipis, tapi masih memberikan andil karena bobot dalam inflasi masih besar,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Suhariyanto, mi instan, nasi dengan lauk, rokok kretek filter, tarif listrik, dan biaya kuliah akademi atau perguruan tinggi juga mengalami peningkatan harga. Sedangkan tarif angkutan udara mengalami deflasi sebesar 0,03 persen.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge