0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kena Tilang Saat Operasi, Pilih Cara Ini Saja

(Ilustrasi) Operasi Zebra (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Solo — Satlantas Polresta Solo menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran denda tindak pelanggaran (tilang) melalui sistem transfer bukan memberikan sejumlah uang kepada anggota Polisi. Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan yang mengakibatkan citra Polri menurun dimata masyarakat.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar melakukan pembayaran melalui sistem transfer dengan menggunakan e-tilang melalui bank yang telah disediakan,” terang Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Imam Syafi’i, Rabu (1/11) siang.

Proses pembayaran yang dilakukan masyarakat jika terkena tilang melalui sistem transfer, kata Kasat, sangatlah mudah. Mereka diwajibkan untuk menyerahkan nomor handphone, lalu petugas akan menginput nomor tersebut kepada pihak bank yang ditunjuk. Tak menunggu lama, yang bersangkutan akan menerima pesan singkat melalui handphone dengan kode pin yang akan dimasukkan saat pembayaran dilakukan. Setelah proses pembayaran dilakukan, maka yang bersangkutan akan menerima struk yang nantinya dibawa saat proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Solo digelar.

“Cara yang digunakan cukup praktis, mudah dan singkat,” terang Kasat.

Disinggung apakah pembayaran tunai masih diberlakukan, Kasat mengaku masih ada. Akan tetapi, pihaknya sekarang cenderung mengarahkan pembayaran tilang melalui sistem e-Tilang.

“Memang masih ada, tapi anggota dilapangan mulai mengarahkan agar masyarakat melakukan pembayaran melalui e-tilang,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge