0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bagaimana Memilih Event Planner yang Tepat?

Acara pesta. (dok: timlo.net/ paperstone.com )

Timlo.net—Apakah perusahaan atau Anda pribadi ingin mengadakan pesta, konferensi, seminar atau aktivitas kantor? Merencanakan sebuah event perlu beragam keterampilan dan jika tidak dilakukan dengan benar, anggaran bisa membengkak. Bukan hanya itu saja, kegiatan yang diadakan bisa mengecewakan. Jadi jika Anda merasa belum berpengalaman dalam menyelenggarakan event, memakai jasa event planner bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebuah event planner, atau juga dikenal sebagai event organiser atau konsultan, adalah tenaga profesional yang merencanakan, mengkoordinasi dan mengorganisasi event. Dengan memilih event planner yang tepat, kegiatan atau pesta yang diadakan untuk perusahaan atau diri sendiri bisa berjalan dengan baik. Apa saja langkah untuk memilih event planner yang tepat? Berikut ini tipsnya dilansir dari paperstone.com:

1. Cari informasi

Carilah informasi terlebih dulu daftar event planner yang tersedia di kota Anda. Lihat situs dan akun sosial media mereka. Berapa besar jangkauan yang dimiliki situs atau sosial media event planner itu? Biasanya, event organiser yang memiliki track record yang bagus memiliki kehadiran yang baik di internet. Mereka juga inovatif dan menggunakan konten yang kreatif dan menarik di situs dan sosial media mereka. Kehadiran online mereka bisa menjadi sumber yang besar untuk menarik calon pelanggan.

2. Berapa besar tanggung jawab

Anda perlu menentukan apakah Anda ingin turut serta mengurus event yang Anda gelar atau sepenuhnya menyerahkan tanggung jawab pada event planner. Tentunya hal ini juga tergantung besar kecilnya event itu. Bila Anda ingin turut mengurus event, Anda mungkin ingin menjadi pembuat keputusan dan membiarkan event planner menjadi pelaksana keputusan. Biasanya event planner bisa bersikap fleksibel dan menjadi asisten. Jika Anda ingin menyerahkan semua tanggung jawab terhadap event planner, berarti mereka yang bekerja mengurus segala sesuatunya.

3. Apakah event planner itu memiliki pengalaman

Pastikan jika event planner tersebut pernah menggelar acara serupa sebelumnya. Beberapa event organiser memiliki spesialisasi atau keahlian menggelar acara tertentu. Oleh karena itu mereka bisa jadi bukanlah event organiser yang cocok menangani acara Anda. Ada juga event organiser yang menangani berbagai kegiatan. Hal ini perlu menjadi pertimbangan Anda.

4. Cari informasi dari pengguna layanan lain

Carilah informasi atau ulasan dari klien mereka sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan terutama jika Anda tidak familiar dengan event planner itu. Seandainya bisa carilah perusahaan atau individu yang pernah menggunakan layanan event planner itu. Atau kalau tidak carilah ulasannya di internet. Tanyakan beberapa hal ini:

-Seberapa profesional event planner itu?

-Apa kinerja mereka sesuai dengan yang dijanjikan di awal?

-Apakah mereka berkomunikasi dengan baik?

-Seberapa detil mereka dalam melaksanakan tugas?

5. Penyesuaian budget

Banyak event planner memiliki hubungan yang baik dengan restoran, fotografer, catering dan penyedia jasa lainnya. Jadi, hal ini berarti mereka bisa memperoleh harga istimewa atau diskon bila hendak menggelar acara. Jika Anda memakai event planner seperti ini, Anda juga bisa menghemat anggaran. Diskusikan dengan event planner tentang anggaran yang Anda miliki dan pengaturan yang paling tepat untuk menyelenggarakan acara Anda.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge