0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI Kembangkan Sistem Perkebunan Terpadu

Anggota TNI ajari warga sistem perkebunan terpadu ()

Sukoharjo – Kodim 0726 Sukoharjo ikut mengembangkan budidaya ikan lele dengan sistem aquaponik yang digaubungkan dengan budidaya tanaman holtikultura. Kegiaatan ini merupakan salah satu langkah aparat untuk mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan.

“Budidaya Ikan Lele menggunakan sistem aquaponik memang belum populer. Sistem ini menggabungkan cara budidaya ikan lele dengan memakai nutrisi yang didapat dari air kolam lele untuk disalurakan jadi media tanam untuk tanaman,” kata Bati Puanter Sterdim 0726 Sukoharjo, Pelda Winarno, Rabu (1/11).

Dengan sistem baru ini, ikan lele membuahkan kotoran serta beberapa bekas makanan yang jumlahnya banyak, hingga dapat digunakan untuk nutrisi tanaman. Sehingga budidaya kolam lele sekalian dapat manfaat untuk budidaya tanaman seperti sayuran, dan tanaman lain yang bisa tumbuh dengan media hidroponik.

Workshop di rumah Sugiono, aquaponik dan hortikultura ini diikuti 15 orang warga dari Dukuh Tegalsari, Desa Tangkisan, Kecamatan Tawangsari. Kegiatan budidaya Ikan Lele sistem aquaponik, hortikultura (budidaya tanaman kebun) berupa pembenihan cabe,terong dan kangkung oleh dipandu oleh Babinsa Sertu Sri Setiawan.

“Ini merupakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil Puanter) di Dukuh Tegal Sari Desa Tangkisan Kecamatan Tawangsari. Kita harapkan melalui program ini dengan trobosan di dunia pertanian bisa menambah income warga,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge